Ketahui Pentingnya Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

By | 26th September 2016

Gandum adalah biji-bijian yang paling sehat di dunia dan menjadi sumber penting vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Selain itu, studi menunjukkan bahwa gandum dan oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan berikut ini.

Ketahui Pentingnya Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

ketahui pentingnya manfaat oatmeal untuk kesehatan

Baik bagi jantung Anda

Penelitian yang dilakukan oleh Horn et al di North Western University of Medical School, Chicago telah menemukan bahwa oatmeal bertindak sebagai komponen besar lemak-modifikasi diet dan membantu dalam mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh. Konsumsi gandum dan produk-produk berbasis gandum akan membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Oatmeal juga telah sangat direkomendasikan oleh AHA (American Heart Association).

Kontrol diabetes

Sebuah studi pada pasien diabetes di Universitas Heidelberg, Jerman, menunjukkan bahwa konsumsi oatmeal mampu menurunkan tingkat gula darah secara signifikan pada penderita diabetes tipe 2. Kadar gula darah menurun secara bertahap karena serat yang tinggi diet dan kompleks karbohidrat mengambil waktu lebih lama untuk mencerna dari karbohidrat sederhana. Ini membantu dalam menjaga kadar gula darah yang optimal. Dalam studi, diet oatmeal juga diberikan kepada pasien di penggantian serealia lainnya.

Kontrol hipertensi

Oatmeal telah ditentukan sebagai salah satu makanan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Biasanya, diet yang diresepkan untuk hipertensi dikenal sebagai DASH (Dietary pendekatan untuk menghentikan hipertensi). Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin oatmeal membantu dalam mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

Sifat Anti kanker

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi serat baik untuk mencegah dan memerangi kanker kolorektal. Studi ini juga menunjukkan bahwa peradangan yang memainkan peran penting dalam perkembangan kanker, dengan kandungan serat yang tinggi, ditemukan memiliki anti-inflamasi dan melawan senyawa dengan efek samping minimal kanker.

Membantu untuk cepat kenyang

Oatmeal penuh dengan serat diet, dan memiliki rendah kalori, yang membuatnya ideal untuk konsumsi secara teratur. Jumlah tinggi serat digabungkan dengan karbohidrat kompleks memakan waktu lama untuk mencerna makanan. Dengan kata lain, perut penuh untuk waktu yang lama dan mencegah Anda dari makan sembarangan.

Sembelit

Oatmeal adalah sumber yang baik sebagai serat diet. Kehadiran serat membuatnya ideal untuk mengatasi sembelit dengan merangsang proses pencernaan dan menggerakan makanan melalui otot-otot halus dalam saluran usus.

Penurunan berat badan

Oatmeal sangat dianjurkan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan tanpa menderita. Oatmeal berisi jumlah tinggi serat diet, nutrisi, rendah kalori dan sejumlah kecil lemak, yang membuat makanan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Aktivitas antioksidan

Gandum dapat menjadi sumber antioksidan yang baik. Beberapa vitamin yang ditemukan di gandum termasuk asam phytic, senyawa fenolik, flavonoid dan sterol. Konsentrasi antioksidan ini adalah lapisan luar oat.

Menyehatkan kulit

Gandum dapat juga digunakan sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit kulit. Mereka dapat diterapkan pada kulit untuk mengurangi gejala serta penyakit yang sebenarnya. Beberapa penyakit yang dapat dikontrol dengan aplikasi lokal gandum termasuk jerawat, dermatitis, cacar air, dan ruam.

Pasca-menopause

Ada berbagai risiko kesehatan pasca-menopause yang tidak dapat diabaikan. Beberapa risiko penyakit seperti penyakit jantung dan stroke meningkat. Dalam sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal jantung Amerika, ditemukan bahwa wanita  pasca-menopause dengan penyakit jantung ketika diberikan gandum secara teratur, akan mengalami penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

Mengatasi penyakit celiac

Penyakit Celiac adalah suatu kondisi di mana lapisan usus kecil rusak dan hanya sebagian dari makanan diserap. Gluten adalah salah satu makanan yang baik diberikan kepada penderita penyakit Celiac. Penelitian telah menunjukkan bahwa oatmeal dapat dikonsumsi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin yang ditemukan di oatmeal termasuk Tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin E dan vitamin K. Nutrisi ini sangat penting dalam membangun kekuatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin E membantu dalam menghancurkan kompleks lipid senyawa menjadi senyawa sederhana. Vitamin K berperan sebagai koagulan darah, membantu dalam menjaga kesehatan tulang, dan dikenal untuk menjadi efektif dalam memerangi penyakit seperti penyakit Alzheimer dan kanker.

Mulailah untuk menggunakan oatmeal sebagai menu sarapan yang penting untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *