Kolesterol Tinggi Bisa Diatasi dengan Diet Sesuai Usia

By | 20th February 2016

kolesterol tinggi bisa diatasi sesuai usia (FILEminimizer)

Obat Kolesterol | Dengan bukti-bukti yang muncul untuk mendukung kolesterol, banyak dokter telah mulai memberi tahu pada kenyataan bahwa zat lemak dalam tubuh belum tentu semuanya bermasalah. Dokter mengatakan ini adalah sangat penting biologi molekul dan bahkan esensial untuk tubuh kita.

“Ini adalah komponen penting dalam membran sel. Hal ini membantu dalam sintesis dari steroid hormon dan asam empedu,”kata Dr Santosh Dora, jantung electro fisiologi, Institut jantung Asia (Ahl). Dia menambahkan bahwa kolesterol adalah disintesis dalam tubuh serta Diperoleh dari makanan.

Hati dan usus adalah organ utama yang mensintesis kolesterol. “Secara kasar, setiap hari sekitar 1 gm kolesterol disintesis di tubuh dan 300mg kolesterol Diperoleh dari makanan,” tambahnya.

Namun Dokter menghimbau bahwa kelebihan kolesterol dapat menyebabkan penyakit pembuluh darah. “Beberapa pembuluh darah dalam tubuh memiliki afinitas untuk deposito kolesterol, seperti arteri koroner dan arteri karotid. Kelebihan kolesterol deposit di arteri ini dapat menyebabkan kurangnya aliran darah ke daerah yang terkena. Dalam kasus dari arteri koroner dapat menyebabkan angina atau infark miokard dan dalam arteri karotid, dapat menyebabkan transient ischemic attack atau stroke,”Dora menjelaskan.

Baca juga : Makanan Lemak Tak Jenuh Buat Tidur Lebih Lelap

Dengan usia, kadar kolesterol juga cenderung naik. “Pada kelompok usia yang sama, wanita sebelum menopause biasanya memiliki kolesterol kurang daripada laki-laki. Namun setelah menopause wanita mungkin memiliki sama atau bahkan lebih tinggi tingkat kolesterol daripada laki-laki usia yang sama. Jadi kita perlu mengambil tindakan pencegahan lain untuk menurunkan kolesterol sesuai dengan usia kita,”kata ahli gizi.

Diet serat tinggi seperti makan oat, roti gandum utuh, buah-buahan dapat membantu dalam mengurangi kolesterol penyerapan dari usus. Ikan tinggi asam lemak tak jenuh dan asam lemak Omega 3  yang membantu dalam mengurangi tekanan darah dan risiko pembentukan bekuan. Penelitian telah menunjukkan sekarang bahwa latihan dapat mengakibatkan pengurangan kolesterol. Ini membantu dalam kliring LDL, membuat LDL yang lebih besar yang berisi kurang kolesterol dan kurang aterogenik, sebagaimana yang dilansir timesofindia.indiatimes.com.

Ya, jadi pada dasarnya tidak semua kolesterol merusak tubuh. Kolesterol HDL nyatanya dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Kita pun bisa mengantisipasi masalah kolesterol yang berlebih dengan diet sehat sesuai usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *