Makanan Lemak Tak Jenuh Buat Tidur Lebih Lelap

By | 9th February 2016

makanan lemak tak jenuh (FILEminimizer)

Sebuah penelitian menunjukan bahwa Orang-orang yang mengkonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan dan sayuran, juga makanan dengan kandungan lemak tak jenuh, cenderung memiliki kualitas tidur lebih baik. Sebaliknya, makanan tinggi lemak jenuh dan gula dapat mempromosikan tidur lebih ringan dan lebih terganggu.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, menunjukkan peserta jatuh tertidur lebih cepat setelah makan makanan yang rendah lemak jenuh dan tinggi protein seperti ikan, keju, tahu, yoghurt, ramping ayam dan sapi. Mereka hanya memerlukan 17 menit untuk jatuh tertidur setelah makan makanan tersebut, sementara mereka yang makan makanan lain dan minuman pilihan mereka bisa terlelap di waktu yang terlambat.

“Temuan utama kami adalah bahwa kualitas diet yang mempengaruhi kualitas tidur,” kata pemimpin peneliti Dr Marie-Pierre St-Onge, asisten profesor di Departemen Kedokteran dan Institut nutrisi manusia di Columbia University Medical Centre di New York yang dipublikasikan oleh situs www.ibtimes.com.au. Dia mencatat bahwa bahkan hanya “satu hari lebih besar asupan lemak dan serat yang lebih rendah bisa mempengaruhi parameter tidur.”

Baca juga : Waspada, Kolesterol Tinggi Picu Penyakit Jantung

Penemuan bahwa diet bisa mempengaruhi kualitas tidur secara signifikan akan membantu banyak orang, kata St-Onge. Penelitian sebelumnya menunjukkan miskin kualitas tidur memberikan kontribusi untuk pengembangan gangguan kronis seperti hipertensi, diabetes dan penyakit jantung. Temuan berasal dari analisis Diet dan tidur 26 orang dewasa. Para peserta menghabiskan 5 malam di laboratorium tidur, sembilan jam di tempat tidur, dan tidur tujuh jam 35 menit rata-rata per malam.

Data dianalisis oleh peneliti setelah tiga hari memberikan pengendalian menu dan satu hari setelah memungkinkan peserta makan makanan pilihan mereka.

Para peneliti menunjukkan bahwa orang-orang dengan kualitas tidur yang buruk dapat memperoleh manfaat dari diet berbasis rekomendasi untuk meningkatkan tidur mereka. Namun, mereka mencatat bahwa lebih lanjut studi yang diperlukan untuk mengevaluasi hubungan antara diet dan tidur.

Baca juga : Obat Bebas Kolesterol

“Studi ini menekankan fakta bahwa diet dan tidur terjalin dalam kain gaya hidup yang sehat,” kata American Academy of Sleep Medicine Presiden Dr Nathaniel Watson, yang tidak terlibat dalam studi. “Untuk kesehatan yang optimal itu penting untuk membuat pilihan gaya hidup yang mempromosikan tidur yang sehat, seperti makan makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur.”

Nah, dengan mengetahui bagaimana manfaat dan efek dari makanan yang mengandung lemak tak jenuh ini, bisa memberikan anda solusi yang tepat, khususnya bagi anda yang memang sedang mengalami masalah pada tidur. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *