Manfaat dan Khasiat Sawi Hijau untuk Kesehatan

By | 4th August 2016

Sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak kita temukan dalam beberapa masakan maupun jajanan seperti bakso, kwetiaw, nasi goreng, dan lain-lain. Sawi memang selalu menjadi pendukung berbagai kuliner yang ada di beberapa tempat di kota anda, terlebih untuk sawi hijau.

Kebanyakan orang mengonsumsi sawi bukan karena ia tahu manfaatnya, melainkan lebih kepada karena sudah biasa dan mereka suka dengan rasa sawi tersebut. Akan tetapi, jika anda mengonsumsi sawi dengan mengingat kandungan serta nilai gizi dalam sawi itu sendiri, anda akan mungkin akan rutin mengonsumsi sayuran yang satu ini. Lalu, apa saja Manfaat dan Khasiat Sawi Hijau untuk Kesehatan tubuh kita ?

Kandungan dan Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan

manfaat dan khasiat sawi hijau untuk kesehatan
Tinggi tingkat Antioxidan

Fakta menarik tentang sawi adalah bahwa mereka memiliki tingkat yang sangat tinggi antioksidan, dalam bentuk vitamin A dan vitamin C. Antioksidan adalah zat yang membantu mencegah beberapa jenis kerusakan sel dan mutasi DNA, terutama mereka yang disebabkan oleh stres oksidatif. Antioksidan yang ditemukan di dalam sawi dapat melindungi tubuh Anda dari berbagai masalah kesehatan dengan memerangi radikal bebas, mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel sehat di seluruh pencernaan, pernapasan, jantung dan sistem saraf.

Tinggi serat

Diet serat yang ditemukan di sawi ini bermanfaat untuk beberapa alasan. Ini membantu mengontrol kadar kolesterol dengan mengganggu penyerapan dalam usus. Memadai serat dalam makanan, membantu melancarkan buang air dan dengan demikian menawarkan perlindungan dari wasir, sembelit dan penyakit seperti kanker usus besar.

Meningkatkan jumlah serat dalam diet Anda dapat membantu menurunkan jumlah racun di saluran pencernaan Anda, menurunkan tekanan darah tinggi dan menormalkan kadar kolesterol.

Detoksifikasi hati dan darah

Sawi dapat membantu proses detoksifikasi (pembersihan hati). Karena mereka juga tinggi chlorophyll, sawi dapat benar-benar menarik racun-racun lingkungan dari aliran darah. Mereka juga memiliki kemampuan yang berbeda untuk menetralisir logam berat, bahan kimia dan pestisida yang ada di tubuh. Satu penelitian bahkan menunjukkan bahwa sumber makanan yang menghasilkan klorofil derivatif mungkin memainkan peran penting dalam pencegahan kanker.

Membantu menurunkan kolesterol

Hati menggunakan kolesterol untuk menghasilkan asam empedu, yang bekerja dengan empedu untuk memecah lemak. Sementara hati menghasilkan asam empedu, usus Anda membentuk asam empedu sekunder. Mengapa kita membutuhkannya? Kita semua membutuhkan cukup empedu untuk mencerna lemak. Namun, produksi empedu harus dalam keseimbangan. Bagi mereka dengan kolesterol tinggi, mereka tidak menghasilkan cukup empedu atau mengalami kesulitan mengubah kolesterol menjadi asam empedu. Sawi memiliki kemampuan khusus untuk meningkatkan mengikat empedu, terutama ketika mereka matang. Sawi terus diteliti karena kemampuan mereka untuk meningkatkan produksi asam empedu ini dan menurunkan kolesterol jahat.

Sementara asam empedu dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker, mengikat asam empedu membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa kemampuan menurunkan kolesterol oleh sawi ini jika dikonsumsi secara mentah atau dikukus.

Menyehatkan tulang dan sendi

Sawi juga berisi 524 persen dari nilai harian Vitamin K anda. Vitamin K adalah salah satu vitamin utama yang terlibat dalam mineralisasi tulang, pembekuan darah dan bahkan menghapus kalsium dari daerah tubuh. Selain itu, hal ini juga membantu mendukung fungsi otak dan metabolisme yang sehat, dan melindungi kita melawan kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin K adalah nutrisi penting untuk mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, termasuk pembuluh darah dan arteri. Vitamin K bahkan dapat membantu untuk mengurangi kram PMS dan nyeri menstruasi lainnya dengan mengatur fungsi hormon Anda. Hal ini juga bertanggung jawab untuk membantu mencegah dan menyembuhkan memar.

Meningkatkan kekebalan tubuh

59 persen dari nilai harian Vitamin C, hadir dalam satu cangkir sawi. Ini merupakan cara yang bagus untuk memperbaiki dan merawat tubuh Anda. Ada manfaat luar biasa dari konsumsi vitamin C, dan dibutuhkan untuk berbagai fungsi penting tubuh. Vitamin C juga dapat memperbaiki dan mempertahankan kesehatan gigi serta tulang, dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh Anda, menjaga jaringan tubuh sehat, meningkatkan sistem kekebalan Anda, membantu melawan radikal bebas, membangun kolagen dan membantu menjaga pembuluh darah.

Melindungi kesehatan kulit dan mata

Sawi memenuhi 177 persen dari nilai harian vitamin A harian anda dalam hanya satu cangkir yang dimasak. Vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan penglihatan, fungsi neurologis dan kulit, serta terlibat dalam mengurangi peradangan melalui serangan terhadap radikal bebas.

Mengkonsumsi makanan tinggi vitamin A, ditambah antioksidan lain, adalah cara untuk memperlambat penuaan alami. Studi telah berulang kali menunjukkan bahwa antioksidan seperti Vitamin A penting untuk kesehatan yang baik dan umur panjang. Sawi juga mengandung tingkat tinggi Vitamin C yang bisa melindungi kulit, membantu membangun kolagen dalam kulit, yang pada gilirannya membantu menghasilkan kulit kuat, sehat dan mencegah hilangnya elastisitas.

Rugi yah kalau tidak bisa mengambil manfaat dari sawi hijau ini ! Jadi, mulai coba sukai sawinya yah ! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *